5 Tips Memilih dan Mengajukan Pinjaman Online

5 Tips Memilih dan Mengajukan Pinjaman Online
5 Tips Memilih dan Mengajukan Pinjaman Online

Pinjaman online atau aplikasi financial technology (fintech) yang memberikan pinjaman banyak digunakan saat ini. Pasalnya, pinjaman bisa menjadi solusi saat Anda membutuhkan uang tunai. Selain itu, pinjaman online sering dipilih karena mudah untuk menarik dana dari bank tradisional.

Mengajukan pinjaman di kantor pinjaman juga sangat mudah dan Anda hanya memerlukan informasi pribadi dan foto Anda, selama Anda memiliki DNI (KTP). Setelah itu, pengguna tinggal menunggu jumlah pinjaman dibayarkan. Proses validasi data hingga dana pinjaman dicairkan juga sangat cepat. Tak heran, dana pinjaman kerap digunakan untuk menghadapi keadaan darurat.

Relatif mudah, namun berhati-hatilah saat mengajukan pinjaman. Karena saat ini banyak sekali pengajuan pinjaman ilegal. Jadi ingatlah lima tips berikut saat mengajukan Pinjaman online bunga rendah yang aman.

  1. Pilih di OJK. aplikasi atau perusahaan terdaftar
    Pastikan aplikasi pinjaman Anda terdaftar dan disahkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan cara ini, proses bisnis keuangan aplikasi atau perusahaan divalidasi dan dipantau langsung oleh OJK. Selain itu, pinjaman FinTech yang terdaftar di OJK mengikuti berbagai prosedur yang berlaku, seperti metode pembayaran dan besaran bunga pinjaman. Legalitas pinjaman FinTech dapat dilihat di website OJK (www.ojk.go.id).
  2. Pahami kontraknya
    Saat mengajukan pinjaman, Anda harus membaca dan memahami transaksi yang ditawarkan. Memahami kontrak dapat membantu Anda mempelajari berbagai macam persyaratan kredit, mulai dari suku bunga, penalti kredit, hingga mendapatkannya saat Anda membutuhkannya.
  3. Mengkoordinasikan kebutuhan dan keterampilan
    Jangan terkecoh dengan berbagai pilihan yang ditawarkan pinjaman online. Pastikan untuk meminjam berdasarkan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Hindari juga penggunaan dana kredit untuk keperluan konsumtif. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa tagihan lain yang harus Anda bayar setiap bulannya agar tidak tertagih.
  4. Catat dan hafalkan jumlah yang dipinjam
    Saat mengajukan pinjaman, Anda harus mencatat dan mengingat jumlah bulanan dan jumlah yang akan Anda bayar dengan mencicil. Jangan lupa untuk mencicil nanti, karena langkah ini penting. Anda dapat membuat catatan di ponsel atau laptop Anda.
  5. Hindari pembayaran terlambat
    Prioritaskan gaji bulanan untuk pinjaman online dan pemenuhan kebutuhan dasar di atas kebutuhan sekunder. Ini memungkinkan Anda untuk membayar kembali pinjaman sebelum atau sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini untuk menghindari denda atas keterlambatan pembayaran tagihan.

Sekarang Anda bisa mengajukan pinjaman online melalui Marketplace Marketplace. Seluruh mitra kredit online yang tergabung dalam Marketplace dijamin dan diawasi oleh OJK. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman. Anda juga bisa mengajukan pinjaman dengan nominal minimal Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih mitra kredit online, Marketplace juga menawarkan opsi untuk membandingkan suku bunga yang ditawarkan. Tocopedia juga menawarkan berbagai pinjaman yang dipersonalisasi termasuk pinjaman karyawan, pinjaman pelatihan, dan kartu kredit tanpa jaminan (KTA) (CC) tanpa kartu kredit yang dijamin oleh buku pemilik mobil (BPKB).

Pengajuan pinjaman online dari Marketplace juga sangat cepat dan mudah. Pemberi pinjaman akan menghubungi Anda dalam waktu 3×24 jam setelah mengisi formulir aplikasi pinjaman Marketplace.

Article Categories:
Ide Bisnis Kreatif

Comments are closed.